Jl. Raya Serpong KM. 7 Perumahan Bukit Serpong Mas BV-315 Telp +62 (21) 29445682
Home
Contact

Article

Jumat , 07 Sep 2018 16:19:19

Ini Dia 4 Cara Jitu Mencegah Karies Gigi

Karies gigi merupakan kerusakan gigi yang paling sering dijumpai di seluruh dunia. Penyakit ini tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Umumnya karies gigi dapat menyerang anak-anak, dewasa bahkan lanjut usia.

Karies gigi termasuk penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Jika tidak segera ditangani, lubang pada gigi akan menjadi lebih dalam dan terasa nyeri, bahkan dapat mengakibatkan infeksi pada jaringan lainnya.

Umumnya karies gigi disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans dan lactobacillus. Hal ini dapat ditandai dengan adanya sebuah area yang tampak berkapur di permukaan gigi. Area ini bisa terlihat cokelat dan berbentuk lubang. Bila lubang sudah terbentuk, maka daerah strukur yang rusak tidak dapat diregenerasi.

Awalnya karies tampak di lapisan email kemudian akan menembus lapisan dentin, sehingga lubang akan semakin jelas terlihat. Karies dapat menjalar ke bagian saraf gigi dan menyebabkan gigi menjadi sakit. Dalam keadaan ini, gigi akan menjadi lebih sensitif.

Kondisi tersebut dapat bertambah parah saat seseorang yang terkena karies ini mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang panas atau dingin. Bahkan hanya dengan sentuhan atau embusan nafas, gigi juga dapat terasa nyeri dan nyut-nyutan.

Solusi untuk mencegah karies gigi

Agar gigi tidak menjadi berlubang, pencegahan karies harus dilakukan sedini mungkin. Berikut beberapa solusi dalam pencegahan karies yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menjaga kebersihan mulut

Memelihara kebersihan gigi dan mulut adalah faktor terpenting dalam mencegah penyakit-penyakit dalam mulut, seperti karies atau radang pada gusi. Gosoklah gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Lakukan penyikatan gigi dengan benar dan tepat agar hasil dapat maksimal. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, karena kandungan ini mampu mencegah karies pada gigi.Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Sering kali orang mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula tinggi, seperti kue-kue, cookies, dan lainnya. Hal ini juga dapat merusak gigi karena memicu timbulnya karies.

Perbanyaklah asupan buah dan sayur karena makanan yang mengandung banyak air dan serat dapat menjadi self cleansing yang baik. Tak hanya itu, vitamin yang terdapat di dalam buah dapat memperkuat gigi serta jaringan yang ada di dalamnya. 

  1. Pemberian fluor

Pemberian fluor dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara lokal maupun sistemik. Secara lokal dapat berupa aplikasi topikal pada gigi, penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride, serta obat kumur yang memiliki fluoride. Sedangkan dengan cara sistemik, pemberian fluor dapat dilakukan dengan pemberian tablet yang mengandung fluor.

  1. Rutin ke dokter gigi

Terkadang karies tidak dapat dideteksi hanya dengan mata telanjang. Perlu bantuan seorang dokter gigi untuk mendeteksinya. Untuk itu jangan lupa untuk rutin memeriksa gigi minimal 6 bulan sekali agar gigi tetap bersih dan sehat.

Demikian solusi untuk menghindarkan diri Anda dari penyakit karies gigi.Langkah pencegahan karies gigi memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin, terutama pada masa kanak-kanak. Karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik anak mengenai kesehatan gigi dan mulut.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3612842/4-cara-jitu-mencegah-karies-gigi


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved