Jl. Raya Serpong KM. 7 Perumahan Bukit Serpong Mas BV-315 Telp +62 (21) 29445682
Home
Contact

Article

Kamis , 02 Ags 2018 13:25:07

8 Tips Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Atlet

Tentunya gigi dan mulut bukanlah organ tubuh yang sepele ya sobat mengingat peran utamanya sebagai pintu awal untuk memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai manusia, yakni makan dan minum.


Dalam sehari hari, tentu sobat sudah memahami dan sering membaca mengenai cara perawatan gigi untuk anak anak, dewasa, ibu hamil, hingga lansia yang masing masing memiliki teknik berbeda sesuai dengan kondisi alaminya atau melakukan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi sesuai kebutuhan. Namun sobat, pernahkah sobat mengetahui tentang perawatan gigi untuk para atlet?


Baik itu atlet sepak bola, basket, bulu tangkis, dsb dimana mereka tentunya memiliki aktifitas fisik yang lebih banyak, beresiko benturan atau tekanan lebih tinggi daripada orang biasa, serta sering berkeringat sehingga juga beresiko memiliki gigi bermasalah atau pengeroposan tulang rahang akibat perawatan gigi dan mulut yang salah karena banyaknya aktifitas fisik yang mereka lakukan.


Sebab itu jika mungkin diantara sobat pembaca ada yang memiliki minat lebih pada bidang olahraga, kali ini penulis uraikan lengkap mengenai Tips Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Atlet, yuk simak selengkapnya.


Sebagai seorang atlet, mungkin akan lebih banyak berkonsultasi pada dokter yang berhubungan dengan kesehatan tubuh atau kebutuhan nutrisi untuk menunjang kekuatannya selama melakukan latihan atau pertandingan, namun kesehatan gigi atlet juga harus menjadi perhatian khusus. Mungkin memang gigi tidak berpengaruh langsung pada kinerja atlet.


Tetapi jika terdapat masalah pada gigi atau mulut atlet tentunya dapat menjadi masalah buruk dan dapat mengganggu jadwal kegiatan yang telah disusun karena merasa tidak nyaman dan konsentrasi berkurang. Benar demikian ya sobat? Karenanya tetap perlu untuk memberikan perawatan gigi dan mulut terbaik sesuai dengan kebutuhan atlet yakni sebagai berikut.


1. Air Putih


Sebagai seorang atlet, tentu dalam keseharian sering berhadapan dengan jadwal latihan yang padat ya sobat, dimana latihan tersebut membutuhkan tenaga berupa air untuk mencegah hidrasi, tentunya banyak pilihan minuman untuk atlet yang baik untuk menunjang kegiatannya, namun yang terbaik sebaiknya pilih air putih untuk menjaga hidrasi dimana terdapat manfaat minum air putih bagi kesehatan gigi.


Kejadian dehidrasi dapat berpengaruh pada saliva atau aliran air liur atlet menjadi jauh berkurang sehingga berpengaruh pada kesehatan dan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Aliran air liur yang berkurang juga dapat menyebabkan mudahnya masalah gigi dan mulut seperti bau mulut dan gigi berlubang karena gigi tidak memiliki perlindungan penuh terhadap bakteri.


2. Pilihan Makanan


Jika atlet membutuhkan karbohidrat lebih tinggi untuk keperluan latihan yang berkepanjangan sehingga juga membutuhkan tenaga yang lebih besar, pilih karbohidrat tambahan yang lebih sehat seperti buah pisang. Nasi memang baik sebagai sumber karbohidrat,


namun juga dionsumsi berlebihan dapat menimbulkan timbunan gula atau penumpukan kotoran pada gigi. Sedangkan pilihan alternatif sebagai buah pisang dapat berfungsi sebagai sumber tenaga sekaligus makanan yang bergizi dan bermanfaat untuk gigi sebab pisang termasuk jenis sayur dan buah untuk gigi sehat.


3. Gunakan Minuman Olahraga Sesuai Kebutuhan


Minuman untuk stamina tubuh khusus atlet atau suplemen intra latihan terkadang menjadi kebutuhan rutin atlet untuk menunjang aktifitas fisik yang dilakukan sekaligus menjaga stamina agar tidak mudah sakit. Namun terkadang minuman demikian mengandung kadar gizi tertentu yang tinggi yang tidak sesuai untuk kebutuhan harian sehingga dapat melemahkan gigi.


Bagi atlet yang terbiasa minum minuman berenergi tentu jauh lebih untuk meminumnya sesuai dengan anjuran atau resep dari dokter gizi dan dokter gigi sehingga memberikan dampak yang baik pada tubuh tanpa merusak atau berpengaruh buruk pada anggota tubuh yang lain. Atlet wajib paham jenis minuman dan makanan penyebab sakit gigi.


4. Makanan Kaya Kalsium


Atlet tentu membutuhkan tulang dan gigi yang kuat, makanan yang baik untuk atlet ialah banyak makan maknan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, dan yogurt. Makanan tersebut dapat dikonsumsi dalam kadar seusai kebutuhan per harinya sehingga kalsium yang masuk memberi dampak baik pada kegiatan olahraga yang dilakukan sekaligus menguatkan gigi.


5. Gunakan Produk Gigi Khusus


Ggi dan mulut para atlet terkadang berada dalam kondisi pH yang tidak normal ketika berhadapan dengan kegiatan berlebihan yang berengaruh pada cairan tubuh, tentunya hal itu membuat gigi menjadi lebih sering berada dalam kondisi kering sehingga produk perawatan gigi yang digunakan jauh lebih baik untuk meminta resep dokter gigi terlebih dahulu, misalnya ialah produk penetral, pernis fluoride, gel atau bilasan, tablet hisap, dan obat kumur untuk membuat kadar mineral gigi tetap dalam kondisi normal


6. Tidak Langsung Sikat Gigi Setelah Minum Minuman Olahraga


Minuman olahraga yang digunakan untuk atlet umumnya mengandung kandungan nutrisi tertentu yang jika dikonsumsi dalam kadar berlebihan atau terlalu sering dapat berpengaruh langsung pada lapisan terluar gigi (enamel), jadi sobat, jika atlet minum minuman berstamina pada malam hari sebelum tidur, jauh lebih baik untuk tidak langsung menyikat gigi, setidaknya 60 menit setelahnya agar permukaan luar (enamel) gigi mengeras kembali sebelum terpapar langsung dengan sikat gigi sehingga permukaan luar gigi tetap kuat.


7. Hindari Makanan Asam Sebelum Tidur


Makanan asam bukan makanan yang berdampak buruk langsung bagi gigi, namun sobat, makanan asam jika dikonsumsi dalam waktu atau kondisi tertentu memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Bagi atlet, istirahat di waktu tidur malam adalah waktu terbaik untuk mengembalikan stamina, jika sebelum tidur atlet makan makanan asam, maka beresiko akan menaikkan asam lambung dan juga membuat kondisi mulut tidak nyaman karena terpapar makanan yang asam dan langsung terpapar ulang dengan bahan pasta gigi.


8. Periksa Rutin ke Dokter Gigi


Atlet wajib untuk memeriksakan gigi pada dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk mencegah adanya berbagai penyakit gigi dan mulut serta mengetahui kondisi gigi dan mulut dimana kenyamanan pada gigi dan mulut atlet juga menjadi bagian penting yang menjadi pendukung dalam kegiatan hariannya selama melakukan aktifitas olahraga.


Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan terbaik untuk sobat semua sehingga setiap aktifitas yang kita lakukan dapat berjalan lancar karena memiliki gigi dan mulut yang sehat.

sumber : https://halogigi.com/kesehatan-gigi-dan-mulut-untuk-atlet


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved