Jl. Raya Serpong KM. 7 Perumahan Bukit Serpong Mas BV-315 Telp +62 (21) 29445682
Home
Contact

Article

Jumat , 27 Apr 2018 15:37:23

8 Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi yang Wajib Diwaspadai

Gigi merupakan organ sistem yang terletak di bagian mulut, fungsinya untuk mengunyah, memotong dan menghancurkan makanan yang kita kunyah sebelum kita menelannya. Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Ia berguna untuk mengunyah makanan, menghaluskan makanan yang hendak kita telan.


Setelah makan, biasanya banyak sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi bahkan paling banyak terdapat dibagian gigi yang berlubang. Beberapa cara kita lakukan agar sisa makanan tersebut segera hilang mulai dari menyikat gigi, kumur-kumur bahkan yang paling sering kita lakukan adalah menggunakan tusuk gigi.


Salah satu kebiasaan yang banyak diakukan orang setelah makan adalah mengorek sisa-sisa makanan nyempil di gigi dengan tusuk gigi. Tapi awas. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi  yang terlalu sering bukannya membuat gigi jadi bersih, justru malah akan menimbulkan beberapa penyakit gigi dan juga tidak baik buat kesehatan, loh!


Banyak yang tidak tahu akibat dari penggunaan tusuk gigi terhadap kelangsungan tumbuh gigi, terlalu sering menggunakan tusuk gigi menyebabkan beberapa kerusakan yang akan timbul terhadap gigi. Artikel kali ini akan membahas beberapa bahaya penggunaan tusuk gigi terhadap gigi, langsung aja kita simak penjelasan dibawah ini :


1. Pengikisan


Jika kita terlalu sering menggunakan tusuk gigi, kemungkinan besar akan menyebabkan lapisan pada gigi menipis dan pendarahan dan lama kelamaan akan menyebabkan semua gigi rusak. Hal ini terjadi jika gigi terus menerus ditusuk atau ditekan dengan benda asing.


Pengikisan pada gigi ini cukup berbahaya, karena jika dilakukan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada gigi. Bahkan bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi. Tentu kita tidak inginkan sampai itu terjadi.


2. Penyakit Gusi


Bahaya yang kedua penggunaan tusuk gigi yaitu penyakit gusi, untuk penggunaan tusuk gigi disarankan sesekali saja karena jika terlalu sering maka akan menyebabkan kerusakan bukan hanya gigi tapi gusi juga akan membengkak dan rusak.


Tepatnya bisa merubah posisi gusi yang akan bergerak turun dari posisi sebenarnya. Jika dibiarkan, ini akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi juga. Apabila ini terjadi, tentu saja ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.


3. Membuat Jarak Antar Gigi


Bahaya penggunaan tusuk gigi yang ketiga yaitu membuat gigi berjarak yang satu dengan yang lainnya, jika kita terlalu sering menggunakan tusuk gigi, maka akan menyebabkan gigi terkikisnya gigi dan lambat laun akan mebuat rongga pada gigi. Nah, inilah yang justru akan lebih memperburuk kondisi. Dan hal itu memungkinkan makanan akan  lebih terjebak diantara sela-sela gigi karena kerapatan gigi Anda sudah berkurang.


4. Merusak Akar Gigi


Menggunakan tusuk gigi bukan hanya menyebabkan gusi sering berdarah dan bau mulut serta bengkak saja melainkan ketika gusi bergeser dari tempat yang seharusnya maka akan menyebabkan sakit gigi yang fatal. Apabila keadaan sudah begini maka kekuatan gigipun akhirnya akan ikut rusak.


5. Menyebabkan Abrasi


Ketika Anda terus menyodok di antara gigi untuk menghilangkan partikel makanan tertinggal, hal itu menyebabkan abrasi dan juga menyebabkan pendarahan. Jika ini terus dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi.


Apabila ternyata gigi sudah menunjukkan gejala abrasi, apa yang harus anda lakukan? Gigi yang sudah mengalami abrasi yang sangat parah yang sudah mencapai tahap kerusakan dentin, maka tidak ada pilihan lain selain pergi ke dokter gigi dan lakukan penambalan dentin. Tentu hal ini akan memakan biaya yang tidak sedikit.


6. Merusak Enamel Gigi


Enamel gigi adalah permukaan paling keras dari tubuh manusia dan juga merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di bawahnya yang terdiri dari dentin dan pulpa. Tanpa kita disadari, kebiasaan buruk menggunakan tusuk gigi juga bisa merusak enamel gigi.


Enamel gigi yang rusak akan menyebabkan gigi mudah berubah warna karena enamel telah hilang dan dentin terpapar udara luar. Tepian gigi depan juga mungkin terlihat transparan karenanya. Selain itu, gigi akan jadi sensitif  disebabkan enamel yang terkikis.


Sangat tidak disarankan  penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan gigi, karena dapat menimbulkan bahaya bagi gigi serta gusi. Sebagai alternatif cara lain untuk membersihkan sisa-sisa makanan di gusi ataupun gigi Anda bisa menggunakan sikat gigi ataupun berkumur dengan air.


7. Menyebabkan Gigi Berlubang


Terakhir, terlalu sering menggunakan tusuk gigi akan menyebabkan gigi berlubang berdarah. Gigi yang bolong dapat menyebabkan rasa ngilu yang luar biasa, lebih dari sekadar gigi sensitif bahkan gigi hipersensitif. Dokter gigi Anda perlu memeriksa gigi Anda dan menentukan pengobatan yang tepat, seperti penambalan gigi.


Seiring bertambahnya usia, tambalan bisa melemah, patah, atau bocor di sekitar tepinya. Hal tersebut dapat mempermudah bakteri berkembang biak di celah kecil ini. Dan pada akhirnya terbentuklah penumpukan asam dan enamel gigi pun jadi rusak.


8. Menyebabkan Bau Mulut


bahaya lain dari penggunaan tusuk gigi yaitu bau mulut, bau mulut tercipta dikarenakan bakteri yang terdapat pada tusuk gigi yang tidak higienis. Dan akan menimbukan bakteri jahat yang akan berkembang baik didalam rongga mulut, bakteri inilah yang akan menyebabkan seringnya gusi berdarah dan kemudian menimbulkan bau  pada mulut.


Untuk itu kurangilah penggunaan tusuk gigi setelah makan, kita tidak inginkan jika gigi kita rusak parah dan menjadi sarang penyakit? Untuk membersihkan sisa makanan pada gigi langkah yang paling aman yaitu dengan mengosok gigi kemudian berkumur-kumur, cara ini selain aman juga akan membuat gigi kita menjadi sehat.


Itulah bahaya yang disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan tusuk gigi. Jika penggunaan tusuk gigi  hanya sesekali dan dalam keadaan yang benar – benar darurat mungkin masih aman. Namun jika penggunaan tusuk gigidigunakan dihampir setiap selesai makan, tidak hanya merusak gigi, namun juga gusi.


Nah, apabila tidak segera di obati dan ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit gusi yang parah. Diantaranya, penyebab peradangan pada gigi dan gusi dan periodontis (yang terjadi saat gingivitis dibiarkan dan sudah semakin parah). Penyakit yang paling parah jika gigi kita rusak yaitu kanker gigi gusi lo sobat semua.


Sekian artikel kali ini semoga artikel yang saya bagikan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita. Selamat membaca dan sampai jumpa lagi di artikel – artikel berikutnya. Terima kasih  sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Sampai jumpai jumpa di lain kesempatan dan salam hangat selalu dari penulis.

sumber : https://halogigi.com/bahaya-penggunaan-tusuk-gigi


©2018 www.grahamaya.com, All Right Reserved